Digital Marketing Blog

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP (contoh alamat ip:139.192.124.220) fungsi nomer ip seperti fungsi nomer telepon yang biasa kita gunakan. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "ilzicorp.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain / Domain Name System (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Digital Marketing / Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, tetapi juga termasuk telepon seluler, iklan bergambar, dan media digital lainnya.

Perkembangan pemasaran digital sejak 1990-an dan 2000-an telah mengubah cara merek dan bisnis menggunakan teknologi untuk pemasaran. Karena platform digital semakin dimasukkan ke dalam rencana pemasaran dan kehidupan sehari-hari, dan karena orang menggunakan perangkat digital alih-alih mengunjungi toko fisik, kampanye pemasaran digital menjadi lebih lazim dan efisien.

Metode pemasaran digital seperti optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari (SEM), pemasaran konten, pemasaran influencer, otomatisasi konten, pemasaran kampanye, pemasaran berbasis data, pemasaran e-commerce, pemasaran media sosial, media sosial, media sosial optimisasi, pemasaran langsung email, iklan bergambar, e-book, dan cakram optik dan permainan menjadi lebih umum dalam teknologi kami yang maju. Bahkan, pemasaran digital sekarang meluas ke saluran non-Internet yang menyediakan media digital, seperti ponsel (SMS dan MMS), panggilan balik, dan nada dering ponsel yang ditahan. Intinya, ekstensi ke saluran non-Internet ini membantu membedakan pemasaran digital dari pemasaran online, istilah lain untuk metode pemasaran yang disebutkan di atas, yang secara ketat terjadi online.

Unicorn adalah mahluk legendaris, mistik, mitos berupa kuda yang memiliki satu tanduk di kepalanya ada juga yang menggambarkan bahwa maluk ini memiliki sayap.
Terinspirasi dari istilah ini, Aileen Lee seorang pemodal usaha menyebut pperusaah rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari $1 Miliar USD adalah perusahaan Unicorn.
Dekakorn (decacorn) adalah sebutan untuk perusahaan yang nilainya lebih dari $10 miliar, sedangkan hektokorn (hectocorn) untuk perusahaan yang nilainya lebih dari $100 miliar.

Affiliate marketing adalah salah teknik distribusi penjualan, anda sebagai pemilik produk akan memberikan persentase bagi hasil bilamana terdapat transaksi penjualan yang terjadi melalui mitra affiliate anda.

Menerapkan budget produksi content lebih besar dari pada content distribusi merupakan salah satu kesalahan besar yang biasa terjadi pada para pebisnis yang baru mengaktifasikan digital marketing.

Bilamana anda memiliki content yang sangat menarik tapi tidak memiliki biaya distribusi yang cukup, maka pasar tidak akan aware pada content anda, namun juga sebaliknya bila content anda biasa saja pasar juga akan kurang tertarik.

Hal ini terjadi karena para agency biasanya mendapatkan keuntungan yang lebih baik dalam short term dalam hal content production dibanding content distribution, sehingga mereka merekomendasikan budget terbatas client dengan komposisi biaya produksi content lebih besar.

Seharusnya biaya content production yang ideal adalah maksimal hanya 30% dari total digital marketing budget.

Paid Per Click merupakan salah satu sistem iklan yang biasa diterapkan, setiap iklan kita yang di klik oleh pengunjung website maka kita akan di kenakan biaya.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, berdasarkan definisi bila diartikan dalam bahasa indonesia berarti optimalisasi mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud adalah halaman website yang memiliki fitur untuk mencari berbagai informasi yang kita butuhkan.

Mesin pencari Google adalah mesin pencari yang kini mayoritas digunakan di seluruh dunia. Pada zaman sekarang sudah biasa bilamana orang membutuhkan informasi terkait pasti akan melakukan pencarian di melalui mesin pencari, dari informasi tentang jalan, ilmu pengetahuan, kesehatan atau layanan produk yang sedang di butuhkan.

Karena hal tersebut semua orang pada berebut untuk halaman websitenya pada halaman pertama google, karena bilamana berhasil ranking pada halaman pertama google pada produk yang kita miliki untuk dijual maka peluang yang datang pada bisnis kita juga akan meningkat sehingga dapat meningkatkan penjualan.

SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan halaman website kita berada halaman pertama search engine dalam hal ini google, kegiatan SEO ini dilakukan oleh Website Developer / atau sang pembuat website. Makanya idealnya SEO ini dilakukan semenjak website awal di buat.

Terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi SEO, dan faktor ini dapat berubah-berubah terus seiring perkembangan, makanya SEO merupakan hal yang cukup menantang untuk dilakukan dan merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan, maka dari itu terdapat layanan pemeliharaan SEO website.

Murah / mahal nya jasa pembuatan website akan sangat subjectif, karena akan relatif ke berbagai faktor, bilamana pembeli tidak memahami berbagai faktor ini, yang dapat membuatnya website murah namun berasa mahal sekali..

Kok bisa begitu?

Misal Pembeli Anton membuat website untuk profil perusahaannya seharga Rp 500.000, namun ketika website nya telah selesai ternyata desain website tidak profesional kemudian website dibuat secepat mungkin karena dana yang disediakan hanya sebesar Rp 500.000, berapa waktu yang akan sediaakan untuk mengganti Rp 500.000 ?

Pastinya sangat cepat dan ketika pembuatan website dibuat sangat cepat dapat dipastikan pembuatan website akan tidak detail dan memperhatikan berbagai faktor, contoh salah satunya adalah faktor search engine optimization (SEO). Ketika website anda tidak memperhatikan SEO ketika di buat dari awal maka yang akan terjadi adalah website anda akan sulit ranking di halaman pertama google pada produk yang anda tawarkan, sehingga pembuatan website tidak akan membantu meningkatkan penjualan bisnis anda.

Disisi lain ada Miranti membuat website seharga Rp15.000.000, dan juga membayar biaya lainnya (SEO,Google Ads Spending) sebesar Rp 10.000.000 pertahun. Namun harga ini terasa murah dikarenakan walau mengeluarkan dana sampai Rp 25.000.000 pada tahun pertama, pada tahun tersebut Miranti mendapatkan client baru dari jalur website/online yang memberikan keuntungan bersih Rp 200.000.000 (usaha miranti merupakan kontraktor). Maka dari itu uang Rp 25.000.000 terasa sangat murah, dikarenakan dapat memberikan keuntungan berlipat.

Namun sebaliknya uang Rp 500.000 akan terasa mahal karena website tersebut tidak dapat menghasilkan uang bagi Anto, belum lagi waktu yang terbuang tidak sedikit, time is money isn't it?

Digital Agency yang memahami value dari layanan yang dia berikan tidak akan menjual layanannya secara "murah", karena mereka cenderung mengetahui VALUE yang dapat mereka berikan apalagi yang telah didukung oleh jam terbang dan track records yang positif.

Penjualan online dapat diartikan sebagai proses penjualan yang transaksinya bersumber dari internet.

Menjual produk secara online kini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan suatu produk, semakin tingginya persaingan usaha dan perubahan prilaku konsumen dalam mengadaptasi teknologi dalam hal ini internet membuat menjual produk secara online menjadi sebuah keharusan.

Untuk dapat menjual produk secara online terlebih dahulu kita harus memiliki halaman website yang dapat digunakan sebagai “landing pages” agar dapat terindex oleh google atau mesin pencari lainnya.

Selain membuat website pribadi/company profile salah satu cara lain yang tidak memakan biaya relative besar adalah memasarkan produk kita di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, olx dan lainnya.

Namun tergantung dari jenis produk yang kita jual apakah pantas/ cocok di jual di marketplace atau tidak, positioning branding produk kita juga sejauh mana, bilamana ingin membangun brand yang kuat otomatis harus memiliki website company profile bilamana perusahaan jasa maupun website ecommerce bila yang kita miliki merupakan produk dalam bentuk barang.

Harga barang, berat barang juga menjadi salah satu faktor yang menentukan penjualan melalui internet tanpa dipungkirin positioning produk kita di pasar adalah faktor yang sangat penting juga.

Semakin banyak orang yang melihat halaman website kita akan meningkatkan peluang penjualan produk kita juga, maka dari itu kita harus terus berupaya untuk meningkatkan pengunjung halaman website kita dengan cara yang positif.

Page 1 of 2

Subscribe To Get Exclusive Digital Marketing Insights

* indicates required

Build Your Website Now Start From Rp 2.500.000 ! Say Hello